Sarana yang tersedia untuk memelihara interaksi dosen-mahasiswa, baik di dalam maupun di luar kampus, dan untuk menciptakan iklim yang mendorong perkembangan dan kegiatan akademik/profesional.
Proses perkuliahan dengan cara tatap muka adalah merupakan interaksi dosen dan mahasiswa yang dilakukan rutin di Departemen Teknik Elektro dan berlangsung secara lancar di gedung tersendiri dengan jadwal yang telah disusun rapi. Proses pemahaman materi perkuliahan dengan praktikum dilaksanakan di laboratorium yang melibatkan ketua dan sekretaris lab, dosen pengampu mata kuliah yang terkait dengan praktikum dan asisten. Pada pelaksanaan praktikum, assisten diawasi oleh oleh dosen pengampu mata kuliah. Sarana lain yang diciptakan untuk interaksi dosen-mahasiswa adalah;
- Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan berupa peninjauan ke perusahaan/ instansi, dengan dibimbing oleh dosen.
- Di samping itu juga mengikutkan mahasiswa dalam berbagai kepanitiaan seperti adanya kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta dengan diadakan berbagai macam kegiatan seperti seminar nasional, pameran hasil-hasil penelitian, survei, penelitian-penelitian dan penyuluhan kepada masyarakat.
- Dosen menyediakan diri untuk mendampingi sebagai tutor pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh mahasiswa.
- Dosen memberikan konsultasi skripsi, kerja praktek dan bimbingan konseling.
- Olah raga bersama antara dosen, karyawan dan mahasiswa untuk menjalin hubungan yang harmonis, diadakan setiap Jum’at pagi (voly ball dan senam) dan Selasa sore berupa Voley ball.
Interaksi dosen-mahasiswa tidak hanya tatap muka langsung, tetapi sering menggunakan email, milis maupun hp. Sehingga mahasiwa tidak harus ke kampus untuk berkomunikasi dengan dosen
Mutu dan Kuantitas Interaksi kegiatan akademik dosen , mahasiswa dan Civitas Academica Lainnya.
Kuantitas tatap muka dosen dan mahasiswa dipantau dengan daftar kehadiran mahasiswa dan dosen pada setiap mata kuliah yang diampu oleh dosen yang bersangkutan, jumlah pembimbingan kerja praktek, tugas akhir, dan pembimbingan praktikum. Daftar kehadiran ini sangat penting berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi akhir dan evaluasi untuk penjaminan mutu (quality assurance).
Rancangan menyeluruh untuk mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk pembelajaran.
Usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan kondisi yang bernuansa pendidikan dan berorientasi pada kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengirimkan dosen untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dibidang teknik elektro dan manajemen untuk selanjutnya diterapkan dan disebarkan kepada mahasiswa. Mahasiswapun dituntut untuk menambah pengetahuan mereka dengan cara mencari aktif di internet, jurnal ilmiah, buku teks, ataupun media informasi lainnya.
Hubungan antara dosen dan mhasiswa dapat dilakukan dalam bentuk perkuliahan tatap muka, konsultasi mahasiswa, pembimbingan kerja praktek, tugas akhir, dan kegiatan sosial bersama. Selain itu interaksi antar dosen dan mahasiwa terjadi pada saat perwalian, ataupun konsultasi lainnya. Berbagai upaya telah dan akan dilakukan dalam rangka menciptakan hubungan dosen-mahasiswa dengan nuansa akademik yang harmonis (butir 4 dan Lampiran 6 borang).
Keikutsertaan Civitas Academica dalam Kegiatan Akademik di Kampus.
Kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat terlaksana dengan baik dimana terdapat koordinator penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian dan pengabdian ini juga melibatkan sejumlah mahasiswa secara aktif (lampiran 6 borang).
Kualitas interaksi dosen mahasiswa dalam kegiatan ilmiah terlihat dengan diterimanya paper dan presentasi dosen sendiri maupun dengan mahasiswa dalam berbagai seminar lokal, nasional dan internasional (Lampiran 6 dan Lampiran 15 borang). Peningkatan jumlah makalah juga didukung dengan adanya majalah di lingkup Departemen Teknik Elektro yaitu yang dikelola oleh dosen (Majalah Transmisi) dan yang dikelola oleh mahasiswa (Majalah Transient) serta ditingkat Fakultas ada Majalah TEKNIK (Lampiran 15 borang).
Pengembangan Kepribadian Ilmiah
Budaya ilmiah menulis diterapkan dengan diberlakukannya laporan untuk semua kegiatan akademik yang dilakukan oleh dosen atau mahasiswa misalnya telah ada peraturan tentang format penulisan laporan praktikum, kerja praktek dan tugas akhir demikian pula aturan paper yang memuat topik-topik ilmiah hasil tugas akhir atau penelitian mandiri dosen atau mahasiswa (Lampiran 6 ). Laporan kegiatan kuliah kerja lapangan, pengabdian masyarakat dan penelitian juga secara teratur dilaporkan dalam bentuk laporan di RKJ.